Soal dan Jawaban OSP Astronomi SMA 2016



Soal Olimpiade Sains Nasional Astronomi
Tingkat Propinsi
tahun 2016
-- soal dan jawaban OSP Astronomi SMA 2016 --


1. Perbedaan utama antara lensa dan cermin sebagai pengumpul cahaya dalam sistem teleskop adalah

A. Panjang fokus lensa bergantung pada panjang gelombang, sedangkan cermin tidak
B. Panjang fokus cermin bergantung pada panjang gelombang, sedangkan lensa tidak
C. Cermin berbentuk cembung, sedangkan lensa harus berbentuk cekung
D. Objek tidak dapat ditegakkan dengan kedua sistem pengumpul cahaya ini
E. Membuat cermin lebih mudah daripada membuat lensa untuk pengumpul cahaya

Jawaban: A atau E*

Aberasi khromatis

Lensa mengalami aberasi khromatis, menyebabkan panjang gelombang yang berbeda memiliki fokus yang sedikit berbeda. Hal ini terjadi karena cahaya polikromatis melewati dua medium yang berbeda, sedangkan kecepatan cahaya berubah ketika melewati suatu medium bergantung pada panjang gelombangnya (menyebabkan indeks refraksi berbeda untuk setiap panjang gelombang). Pada cermin, cahaya tidak melewati medium yang berbeda (atau melewati hanya sedikit) sehingga aberasi khromatis bisa dibilang tidak ada.
Mana yang lebih susah untuk dibuat, cermin atau lensa?

Untuk pengumpul cahaya (teleskop) berukuran besar maka dengan teknologi saat ini membuat cermin lebih mudah. Untuk lensa perlu bahan yang bisa meneruskan sebanyak mungkin gelombang elektromagnetik dan tanpa cacat dalam pembuatannya (gelembung, dlsb). Kita perlu menghaluskan kedua sisi lensa. Sedangkan cermin hanya perlu menghaluskan satu sisi bahan dan memberi pelapis perak atau alumunium (terkadang ditambah lapisan lain sesuai kebutuhan). Tidak hanya itu, untuk menyangga lensa berukuran besar sangatlah susah karena hanya sisinya yang tipis yang boleh di“sentuh”, sedangkan cermin dapat kita “taruh” begitu saja di sisi yang tidak dilapisi.

Diperkirakan 4000 S.M. cermin sudah dibuat walaupun tanpa proses “coating”, sedangkan lensa sudah digunakan 700 S.M., walaupun demikian teleskop pertama dibuat menggunakan lensa, kamera kita dibuat dengan lensa, mengapa? Teleskop reflektor butuh meletakkan cermin pemantul dibagian depan teleskop. Hal ini tentu tidak mudah dan tidak efisien untuk teleskop berukuran sangat kecil (juga kamera). Jadi untuk masa sekarang semuanya punya tantangan masing-masing karena kebutuhan yang berbeda, susah untuk memilih mana yang lebih sulit dibuat.

2. Pada tanggal 17 Januari 2016, komet Catalina berada pada posisi terdekatnya, yaitu 110 juta km dari Bumi. Jika pada saat itu terdapat ekor tampak sepanjang 1◦ dan diasumsikan ekor tegak lurus garis pandang, maka panjang ekor (dalam satuan km) adalah...



Previous
Next Post »