Soal OSK Fisika SMA 2012



Tes Seleksi OSN 2012 Bidang FISIKA
TINGKAT KABUPATEN/KOTA
Waktu: 3 Jam

1. (nilai 10) Seseorang yang mula-mula diam, melemparkan sebuah bola dengan sudut elevasi 0 dan kelajuan awal v0. Kemudian ia mencoba untuk menangkapnya kembali dengan mempercepat dirinya. Selama selang waktu ∆t1 percepatannya konstan sebesar a, setelah itu ia berlari dengan kelajuan konstan dalam interval waktu ∆t2. Ia dapat menangkap kembali bola tersebut pada ketinggian yang sama dengan ketinggian saat dilemparkan. Jika percepatan gravitasi bumi konstan g, tentukan percepatan a orang tersebut (nyatakan dalam: v0, 0, ∆t1, dan ∆t2).

2. (nilai 11) Sebuah mobil dengan massa m = 2000 kg dikendarai dengan kecepatan konstan v = 36 km/jam, anggap percepatan gravitasi ditempat itu g = 10 m s2 . Jika diketahui koefisien gesek antara mobil dengan jalan adalah  = 0,07. Tentukan daya minimal yang diperlukan mobil jika bergerak pada: 

a. Jalan yang datar (kemiringan 0o )

b. Jalan yang menanjak (kemiringan tan 0,05 )

c. Jalan yang menurun (kemiringan tan 0,05 ) (Hint: gunakan pendekatan sudut kecil)


3. (nilai 14) Sebuah bola kecil digantung dengan menggunakan sebuah tali. Pada awalnya tali berada pada posisi mendatar dan kemudian dilepaskan. Tentukan sudut , dimana percepatan total bola berarah mendatar.

DOWNLOAD SELENGKAPNYASOAL OSK FISIKA SMA 2012

Previous
Next Post »