Soal Seleksi OSK Komputer tahun 2013

SOAL UJIAN
SELEKSI CALON PESERTA OLIMPIADE SAINS NASIONAL KOMPUTER 2013
TINGKAT PROVINSI



BAGIAN A: ARITMATIKA DAN LOGIKA (30 SOAL)

Deskripsi berikut ini dipergunakan untuk soal no. 1 dan 2

Sakelar adalah alat untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik. Bila sakelar dipasang pada sebuah lampu, maka sakelar tersebut bisa menyalakan atau mematikan lampu tersebut. Di rumah Sugeng, ada 30 lampu yang dinomori dari 1 sampai 30. Untuk menyalakannya, Sugeng memiliki sakelar khusus, yaitu sakelar yang terhubung dengan lebih dari satu lampu. Ada lima sakelar, yaitu:
Sakelar A, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 2.
Sakelar B, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 3.
Sakelar C, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 5.
Sakelar D, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 7.
Sakelar E, yaitu sakelar yang terhubung dengan lampu bernomor kelipatan 11.
Perlu diingat, jika lampu dalam keadaan mati, dan sakelar yang terhubung dengannya ditekan, maka lampu tersebut akan menyala. Begitu pula sebaliknya.

1. Ada berapa lampu yang tidak bisa dinyala/matikan karena tak terhubung dengan saklar?

A. 0
B. 1
C. 5
D. 6
E. 25

2. Sugeng ingin agar rumahnya terang benderang, karena dia takut akan kegelapan. Ada berapa lampu maksimal yang bisa menyala secara bersamaan?

A. 5
B. 13
C. 15
D. 16
E. 24

3. Berapa banyak cara memasang domino 1x2 agar menutupi seluruh papan berukuran 3x4? Domino tidak dapat dipotong, maupun bertumpukan dengan domino lain. Selain itu seluruh bagian domino harus berada di dalam papan. Setiap domino dapat diputar/dirotasi.

A. 3
B. 11
C. 9
D. 10
E. 18

4. Ada seekor katak yang ingin menyeberangi suatu sungai. Di sungai tersebut, terdapat dua jenis benda sungai, yaitu batu yang dapat ditempati katak, dan daun yang tidak dapat ditempati katak. Seekor katak dapat melompat ke benda tepat di depannya atau dapat melompatinya (dengan kata lain, menempati bendakedua yang ada di depannya). Berapa banyak cara yang bisa ditempuh katak untuk menyeberangi sungai dengan selamat (dengan tidak menginjak daun) jika konfigurasi benda di sungai adalah sebagai berikut (katak menyeberang dari kiri ke kanan)

Download Selengkapnya Soal Seleksi OSK Komputer tahun 2013
Previous
Next Post »